Kesehatan

Beberapa Jenis Obat Asam Urat Yang Wajib Diketahui

Saat ini terdapat beberapa jenis obat asam urat yang bisa kamu gunakan untuk mengobati penyakit yang cukup serius ini, mulai dari obat-obatan apotik, bahan alami dan lain sebagainya. Asam urat bisa diderita siapa saja, bukan hanya orang tua saja.

Asam urat dikatakan cukup mengganggu karena akan menyerang persendian dan mengakibatkan seseorang merasakan sakit dan nyeri. Kondisi tersebut tentu bisa menghambat aktivitas harian jika terus dibiarkan. Untuk itu kamu harus segera mengatasinya dengan baik.

Obat Asam Urat Tradisional

Salah satu obat asam urat yang paling aman dan mudah didapatkan adalah dengan menggunakan bahan alami. Beberapa bahan alami ini bisa diolah atau dimakan secara langsung untuk mengurangi gejala asam urat. Berikut informasinya.

  1. Cuka Apel, Kunyit dan Lemon

Kamu bisa membuat ramuan sendiri di rumah dengan menggunakan bahan alami dari kunyit, cuka apel dan lemon untuk mengatasi asam urat. Kunyit adalah rempah yang biasa dimanfaatkan untuk pembuatan ramuan jamu herbal.

Siapkan air hangat kemudian campurkan 2 sdm kunyit, 2 sdm air lemon dan 1 sdm chka apel. Minum ramuan tersebut sebanyak 2x sehari untuk hasil yang maksimal.

  1. Ceri

Buah ceri merupakan salah satu bahan alami yang bisa membantu kamu untuk menurunkan asam urat di dalam tubuh. Buah ini bisa kamu konsumsi secara langsung atau dihaluskan menjadi jus.

Ceri memiliki rasa asam agak manis dan berwarna merah kehitaman. Konsumsi buah ceri secara teratur 2x sehari untuk hasil yang lebih maksimal.

  1. Seledri

Kebanyakan orang mungkin hanya mengetahui bahwa seledri hanya digunakan untuk bumbu dapur saja, padahal bisa juga berfungsi untuk membuat ramuan guna mengatasi masalah kemih dan juga asam urat.

  1. Garam Epsom

Untuk mengatasi rasa nyeri yang disebabkan oleh asam urat, kamu bisa menggunakan garam Epsom untuk merendam tubuh. Gunakan 1-2 cangkir garam dan masukkan ke dalam bak mandi.

Rendam seluruh bagian tubuh, terutama bagian yang mengalami nyeri. Lakukan perendaman secara rutin 1-2 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

  1. Jahe

Jahe merupakan salah satu bahan alami yang sering dijadikan sebagai bahan obat-obatan tradisional untuk mengatasi berbagai jenis penyakit, salah satunya adalah asam urat.

Kamu hanya perlu menggepengkan jahe hingga seratnya keluar kemudian rebus dengan air hingga mendidih. Minum ramuan jahe sehari 3x untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan jahe sebagai obat kompres untuk mengatasi nyeri sendi yang dirasakan.

READ  Cara Menghilangkan Jerawat Dan Bekasnya Secara Efektif

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan jahe di area yang terasa sakit kemudian diamkan selama kurang lebih 10 menit. Bilas dengan air agar tidak meninggalkan rasa lengket.

Obat Asam Urat Di Apotik

Obat yang dijual di apotik kebanyakan mengandung zat kimia sehingga secara cepat dan efektif meredakan nyeri sendi yang dirasakan. Tak heran jika saat ini banyak penderita asam urat yang lebih memilih untuk mengkonsumsi obat-obatan apotik dibandingkan bahan alami.

Agar aman dikonsumsi kamu perlu memperhatikan aturan pakai dan anjuran dokter sehingga tidak menyebabkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh nantinya. Berikut beberapa rekomendasi obat yang bisa kamu beli di apotik untuk mengatasi asam urat.

  1. Methylprednisolone – Kortikosteroid

Obat dengan kandungan hormon steroid ini mampu berfungsi untuk meredakan peradangan dan inflamasi di tubuh. Selain itu obat ini juga mampu menekan sistem kekebalan tubuh agar bekerja secara lebih maksimal.

Obat ini termasuk dalam kategori kortikosteroid yang mana sangat bagus digunakan untuk mengatasi radang sendi, pembengkakan, peradangan, rematik dan juga gangguan sistem imun.

  1. Puricemia – Allopurinol

Zat allopurinol dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dengan cara menghambat pembentukan zat xanthine oxidase.

Ini merupakan zat yang memicu meningkatkan jumlah asam urat dalam tubuh secara berlebihan. Salah satu jenis allopurinol yang efektif untuk mengurangi kadar asam urat adalah Puricemia.

  1. Profenid – Ketoprofen

Ketoprofen berfungsi untuk mengatasi rasa nyeri maupun peradangan yang terjadi akibat asam urat, cedera, arthritis hingga nyeri setelah menjalani operasi. Ketoprofen memiliki sistem kerja untuk menghambat enzim penghasil prostaglandin yang dapat menimbulkan peradangan.

Profenid adalah salah satu obat yang mengandung ketoprofen dan menjadi obat terbaik untuk mengatasi asam urat.

  1. Recolfar – Colchicine

Obat yang memiliki kandungan colchicine mampu berperan untuk mencegah dan juga mengatasi asam urat akibat terlalu tinggi kandungannya di dalam tubuh. Zat jni menekan jumlah sel darah putih yang bisa masuk ke area peradangan sehingga rasa nyerinya pun akan terasa berkurang.

Colchicine sering digunakan pada berbagai obat seperti Recolfar. Obat ini bisa menurunkan kadar asam urat secara lebih cepat.

  1. Ibuprofen – Ibuprofen

Ibuprofen merupakan kandungan zat yang dimanfaatkan untuk meredakan peradangan dan juga nyeri sendiri. Sehingga obat yang mengandung ibuprofen sangat efektif untuk mengatasi asam urat, nyeri haid dan lain sebagainya.

Ibuprofen mampu menghalangi tubuh untuk memproduksi prostaglandin sehingga tubuh bisa terasa tetap bugar dan terhindar dari rasa nyeri yang menyakitkan.

  1. Celebrex – Celecoxib

Obat golongan anti-inflamasi yang digunakan untuk mengatasi nyeri sendi dan peradangan adalah celecoxib.

READ  Desinfektan : Fungsi, Bahaya, Manfaat, Bahaya Dan Cara Membuatnya

Obat ini memiliki resiko yang lebih kecil untuk bagian tukak lambung dibandingkan dengan jenis obat lainnya sehingga lebih aman untuk dikonsumsi oleh penderita maag. Salah satu rekomendasi obat yang mengandung celecoxib adalah Celebrex.

Nama Obat Asam Urat

Obat asam urat bisa termasuk dalam obat keras yang penggunaanya harus sesuai aturan yang berlaku. Bahkan beberapa obat hanya bisa dibeli jika menggunakan resep dokter. Asam urat bisa terjadi karena terjadi penumpukan dibagian sendiri sehingga menyebabkan rasa nyeri.

Jika tidak segera diatasi, maka penyakit ini bisa saja berubah menjadi lebih berbahaya hingga bahkan bisa menyebabkan komplikasi. Berikut beberapa nama obat yang bisa kamu konsumsi untuk mengatasi asam urat.

  1. Meloxicam

Biasanya obat ini digunakan untuk meredakan gejala asam urat dan arthritis seperti pembengkakan, rasa kaku pada bagian tertentu, peradangan dan nyeri otot. Obat ini mampu bekerja secara maksimal untuk menghambat enzim yang dapat memproduksi prostaglandin.

Ini merupakan senyawa yang dilepaskan oleh tubuh sehingga mampu menyebabkan reaksi radang dan juga rasa sakit pada sendi. Dengan menghalangi produksi prostaglandin, maka rasa sakit pada sendi pun akan berkurang.

  1. Aclonac – Kalium Diklofenak

Kandungan kalium diklofenak mampu mengobati rasa nyeri dalam kategori rendah hingga sedang.

Hal inilah obat dengan kandungan zat ini mampu berfungsi untuk mengatasi radang sendi, sakit gigi hingga pengapuran tulang. Obat yang paling direkomendasikan untuk mengatasi asam urat dan mengandung kalium diklofenak adalah Aclonac.

  1. Feburic – Febuxostat

Febuxostat merupakan jenis obat yang biasa digunakan untuk mengatasi penyakit asam urat. BPOM telah menyetujui peredaran jenis obat ini dengan nama dagang Feburic.

Ini merupakan obat yang termasuk dalam kategori keras sehingga kamu perlu berhati-hati saat mengkonsumsinya. Meskipun cukup efektif menurunkan kadar asam urat secara cepat, sebaiknya kamu mengkonsumsi obat ini sesuai dengan resep dokter.

  1. Allopurinol

Obat ini mampu memecah kristal asam urat yang menyumbat persendian sehingga bisa berfungsi secara normal kembali. Penyumbatan pada area sendi membuat seseorang mengalami rasa sakit dan juga nyeri saat beraktivitas.

Dengan mengkonsumsi obat ini, secara efektif tubuh akan menurunkan kadar asam urat yang terlalu berlebihan. Selain itu obat ini juga bisa berfungsi untuk mencegah pembentukan batu ginjal.

Umumnya obat ini digunakan oleh penderita asam urat tingkat rendah hingga sedang. Jika dalam fase akut, sebaiknya kamu tidak asal minum obat dan pergilah ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

  1. Zyloric – Allopurinol

Zyloric adalah jenis obat yang mengandung allopurinol sehingga mampu efektif bekerja untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui urin. Obat ini mampu mencegah nyeri sendi yang diakibatkan oleh penumpukan asam urat secara berlebihan.

READ  Senam Lantai : Pengertian, Macam-Macam, Sejarah Dan Manfaatnya

Obat Asam Urat Tradisional Yang Mujarab

Obat tradisional yang paling mujarab untuk mengatasi asam urat adalah dengan mengkonsumsi air putih serta buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C. Setiap orang membutuhkan mineral untuk dapat menjaga metabolisme tubuh secara optimal.

Meskipun tidak secara langsung mengatasi asam urat, namun air bisa berperan untuk mengangkut berbagai zat yang mengandung racun di dalam tubuh, termasuk kelebihan asam  urat. Kondisi ini membuat air mampu memperlancar pembuangan asam urat agar tidak menumpuk di dalam tubuh.

Buah dan sayuran yang mengandung banyak vitamin C mampu meningkatkan kinerja ginjal secara efektif sehingga mampu membuat zat asam urat berlebih melalui urin. Kamu juga bisa mengkonsumsi suplemen vitamin C minimal 500 mg untuk mengatasi asam urat.

Selain itu perubahan mood dan stres juga dapat memicu tingkat kadar asam urat dalam tubuh. Dengan menerapkan pola hidup yang sehat, mengelola stres dengan baik dan rajin berolahraga, maka kamu bisa terhindar dari penyakit asam urat.

Kulit Melinjo Obat Asam Urat

Sebagian orang mungkin belum mengetahui bahwa kulit melinjo bisa dimanfaatkan sebagai obat asam urat yang efektif. Buah yang satu ini bisa kamu campurkan ke dalam sayuran dan bahkan bijinya bisa digunakan sebagai bahan utama pembuatan kerupuk emping.

Melinjo banyak ditemukan di daerah hutan tropis yang biasanya dibudidayakan untuk berbagai keperluan bahan pangan, termasuk di Indonesia. Seluruh bagian melinjo mulai dari daun, bunga hingga bijinya bisa diolah sebagai bahan dasar berbagai hidangan.

Melinjo mengandung senyawa yang mampu menghambat kinerja enzim xanthine oxidase. Enzim tersebut dapat berpengaruh pada asam urat sehingga tidak mengalami penyumbatan. Hal inilah yang membuat melinjo sangat efektif untuk mengobati asam urat.

Obat Asam Urat Paling Ampuh

Berkonsultasi ke dokter merupakan cara terbaik yang paling ampuh untuk mengatasi penyakit asam urat. Dengan memeriksakan diri ke dokter, kamu bisa ditangani langsung oleh tim ahli yang mengetahui kondisi kesehatan pasien dengan baik.

Hal tersebut tentu akan berdampak semakin efektifnya jenis obat yang akan diberikan. Setiap penderita tentu akan memiliki kondisi kesehatan dan umur yang berbeda. Untuk itu diperlukan pemeriksaan lebih lanjut agar bisa memilih cara penanganan yang tepat.

Sebelum mengkonsumsi obat asam urat sebaiknya kamu perlu mengetahui seberapa serius penyakit yang diderita. Jika masih di tingkat awal, kamu bisa minum obat ringan terlebih dahulu untuk meredakan nyeri. Namun jika sudah cukup serius, disarankan untuk langsung periksa ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *