Tutorial

Cara Daftar Gofood

Persaingan bisnis saat semakin meningkat. Salah satu bisnis yang mulai digemari adalah sebagai mitra gofood. Tentu saja sebelum menjadi mitranya, kamu perlu tahu cara daftar gofood. Dengan bergabung bersama gofood, kamu bisa mengembangkan bisnis dalam bidang kuliner.

Bidang kuliner saat ini tengah naik daun. Sehingga sangat pas untuk kamu yang ingin memulai bisnis kuliner dengan modal yang pas-pas an. Kamu juga tidak perlu modal bangunan kedai yang besar untuk berbisnis melalui gofood. Kamu bisa jadi lebih santai berjualan di rumah dengan layanan online ini.

Cara Daftar Gofood Online

Tata cara daftar gofood bisa kamu lakukan secara online melalui aplikasi GoBiz. Aplikasi ini telah bekerjasama dengan layanan bisnis gofood, sehingga akan memudahkan kamu yang ingin berbisnis melalui gofood. Pendaftaran dengan menggunakan GoBiz sama sekali tidak dipungut biaya/ gratis.

Untuk kamu yang sudah penasaran, maka berikut ini adalah tahapan cara daftar gofood online dengan aplikasi GoBiz. Diantaranya adalah:

1. Pengunduhan Aplikasi

Hal paling utama yang harus kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi GoBiz. Aplikasi ini bisa kamu unduh di app store. Selain itu, kamu juga bisa sekaligus mengunduh aplikasi gojek. Pastikan memory smartphone kamu cukup untuk menampung dua aplikasi ini, pengunduhannya gratis.

2. Pilih Menu Daftar

Pada menu awal, kamu akan dihadapkan pada beberapa menu pilihan. Kamu bisa langsung memilih menu daftar gofood > daftar sekarang. Akan ada beberapa pilihan jenis pendaftaran. Kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan kamu dalam mendaftar.

Pada jenis pendaftaran ada juga pilihan untuk membuka restoran pribadi. Saat kamu memilih jenis pendaftaran ini, maka kamu bisa mengisikan kota mana yang merupakan domisilimu, tekan lanjut.

3. Pengisian Data Pembuatan Akun

Setelah memilih jenis pendaftaran, selanjutnya kamu diharuskan untuk mengisikan beberapa data penting. Pada kolom nama pengguna, masukkan nama pemilik usaha. Pastikan kamu juga memasukkan email dan nomor hp yang akan didaftarkan pada aplikasi.

Setelah mengisi data awal ini, langsung saja klik tombol buat akun. Tunggulah hingga aplikasi mengirimkan kode OTP. Saat kode sudah didapatkan, kamu bisa mengisikannya pada kolom pengisian sebelum mengkonfirmasi pembuatan akun.

4. Pengisian Data Lanjutan

Seusai pendaftaran akun dikonfirmasi, kamu perlu mengisikan lagi beberapa data lanjutan. Kamu perlu mengisikan nama restoran beserta informasi sekilas tentang restoranmu. Selanjutnya, pilih tombol set lokasi untuk menentukan titik lokasi restoranmu.

Pada bagian paling bawah kamu akan menemukan tombol konfirmasi atau simpan. Simpan dan konfirmasi kevalidan data yang sudah kamu isikan.

5. Isi Data Identitas Pengusaha

Selanjutnya, kamu akan dihadapkan pada menu untuk mengisi identitas kamu sebagai pemilik usaha. Kamu perlu memasukkan kembali nomor telepon aktif yang bisa dihubungi. Selain itu, kamu juga perlu mengupload foto KTP yang bisa terbaca dengan jelas.

Isikan beberapa data yang sesuai dengan KTP, seperti nama dan nomor KTP. Bagian bawahnya lagi, kamu akan menemukan pilihan NPWP.

Jika kamu memang memiliki kartu NPWP, kamu bisa centang bagian pilihannya. Setelah kamu diharuskan upload foto NPWP. Sama seperti pengisian data KTP, kamu juga harus mengisikan nomor dan nama yang sesuai dengan NPWP. Simpan data dengan tekan tombol save.

6. Pengisian Informasi Rekening

Untuk membuka bisnis online ini, tentu saja kamu harus punya yang namanya rekening. Pilihan bank nya bisa menyesuaikan dengan keinginanmu. Pada kolom pengisian, isikan nama bank dan nomor rekening yang sesuai. Kemudian klik tombol verifikasi.

7. Mengisi Data Pajak

Bagia kamu yang memiliki NPWP, maka kamu bisa menyertakan informasi pajak beserta upload foto NPWP. Sedangkan untuk kamu yang tidak memiliki NPWP, kamu bisa pilih PB1 untuk memasukkan tarif pajak. Dalam hal ini, kamu bisa pilih 10% atau tidak ada.

Pada kolom info tarif pelayanan, isikan tarif yang sesuai dengan ketentuan tokomu. Jika tidak ada kamu tidak perlu mengisikannya. Namun jika ada, maksimal tarifnya adalah 10%.

8. Pengiriman Data

Setelah semua data telah dipastikan terisi dengan benar, maka kamu bisa menyimpan data tersebut. Selanjutnya baca dan setujui syarat dan ketentuan yang tertera pada laman akhir. Centang kotak yang menandakan kamu setuju.

Pada bagian paling bawah, ada tombol kirim data. Tekan tombol tersebut dan tunggu hingga proses pengiriman data selesai.

Cara Daftar Gofood di Gojek

Selain bisa daftar melalui aplikasi GoBiz, cara daftar gofood juga bisa dilakukan melalui layanan gofood di gojek. Beberapa tahapannya bisa kamu simak di bawah ini:

1. Masuk ke Laman

Tahapan paling awal dalam tata cara daftar gofood di gojek adalah dengan memasuki laman resmi gofood pada gojek. Alamat lamannya bisa kamu akses melalui https://www.gojek.com/go-food/bisnis#!/registration.

2. Memilih Pilihan Layanan

Setelah masuk pada laman tersebut, kamu akan disuguhkan dengan beberapa tampilan menu. Salah satunya adalah pilihan layanan. Ada 3 pilihan layanan gofood yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. Pilihan layanan tersebut adalah:

  • ‘Akun Perorangan’, layanan ini khusus untuk kamu yang ingin mendaftarkan badan usaha milik perorangan. Pastikan badan usaha ini  memang belum memiliki akun gofood.
  • ‘Akun Perusahaan’, sesuai namanya layanan ini memberikanmu pilihan untuk mendaftarkan akun usaha milik perusahaan. Artinya bisnis ini adalah milik beberapa orang yang terlibat di dalamnya.
  • ‘Penambahan Cabang Baru’, sedangkan pilihan yang ketiga ini adalah layanan pendaftaran akun untuk badan perorangan maupun perusahaan. Dengan catatan, sebelumnya badan usaha ini sudah punya akun dan ingin menambah cabang gerainya.

3. Pengisian Data Badan Usaha

Setelah menentukan opsi layanan yang sesuai dengan kebutuhanmu, maka selanjutnya kamu perlu mengisikan data badan usaha yang tengah kamu daftarkan. Beberapa data yang harus kamu masukkan adalah:

  • Nama usaha
  • Alamat lengkap usaha
  • Data pemilih usaha
  • Data outlet beserta persyaratan dan ketentuannya
  • Data pembayaran

Pastikan semua data tersebut sudah terisi dengan benar atau valid. Selanjutnya kamu perlu memberikan centang pada pilihan ‘saya bukan robot’, lalu pilih tombol submit.

4. Proses Verifikasi

Proses verifikasi ini dilakukan dengan cara mengecek ulang akun emailmu. Tombol untuk verifikasi akan dikirim melalui emailmu. Setelah itu kamu baru bisa melanjutkan proses pendaftaran.

5. Pemberkasan

Saat akun sudah diverifikasi, maka kamu akan langsung dihadapkan pada halaman kelengkapan dokumen atau berkas. Beberapa dokumen yang harus kamu lengkapi adalah sebagai berikut:

  • File scan KTP pemilik usaha
  • File scan NPWP pemilik usaha. Untuk data ini hanyalah bersifat pilihan, artinya kamu tidak wajib mencantumkannya. Jika kamu punya NPWP kamu bisa mencantumkannya.
  • File scan buku tabungan. Scan ini lebih tepatnya pada halaman buku tabungan yang tertera nomor rekeningnya.
  • File Scan KK (Kartu Keluarga). Sama halnya seperti file NPWP, file ini juga merupakan opsi yang tidak wajib kamu cantumkan.
  • Foto pemilik usaha dengan memegang KTP dan KK. Pastikan foto dalam format HD, sehingga KTP juga bisa terlihat lebih jelas.

Tahapan cara daftar gofood melalui gojek sudah selesai. Selanjutnya kamu hanya perlu menyimpan dan menunggu proses verifikasi yang akan dilakukan oleh pihak gofood.

Proses verifikasi ini biasanya membutuhkan waktu satu sampai dua minggu. Setelah itu, kamu akan mendapatkan informasi kelolosan akun gofood.

Keuntungan Menjadi Mitra GoFood

Setelah mengetahui cara daftar gofood, maka ada baiknya kamu juga tahu apa saja keuntungan yang bisa kamu peroleh dengan menjadi mitra gofood. Beberapa diantara keuntungannya adalah sebagai berikut:

1. Transaksi Lebih Aman

Kerugian akibat kurangnya uang kembalian, seringkali menjadi masalah bagi para pelanggan dan penjual. Dengan menggunakan aplikasi gofood, kamu hanya perlu melepas saldo pembayaranmu sesuai harga. Penjual juga jadi lebih mudah mengkonfirmasi pembayaran.

2. Jangkauan Pelanggan Lebih Luas

Karena sifatnya yang online, maka sudah pasti kedai kamu akan bisa menjangkau pelanggan yang lebih luas dan lebih banyak. Selain itu, pihak gofood juga seringkali memberikan bantuan marketing dalam bentuk promo diskon atau poin.

Kamu pun tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk melakukan pemasaran badan usahamu. Semua layanan iklan pemasaran oleh pihak gofood, sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis.

3. Kemudahan Pengaturan Laman Toko

Penjualan dengan media gofood, terbilang lebih mudah dan hemat dibandingkan dengan media website. Pasalnya saat ingin mengubah pengaturan toko di website, kamu perlu biaya tambahan untuk mempostingnya secara online.

Berbeda halnya dengan aplikasi gofood yang sudah menyediakan semua fitur pengaturan dengan mudah dan tentunya gratis. Inilah salah satu alasan mengapa kini semakin banyak orang yang lebih memilih memasarkan usaha kulinernya dengan media gofood.

4. Ada Sistem Bagi Hasil

Penggunaan aplikasi gofood memang disediakan secara gratis untuk semua pengusaha. Namun dalam hal ini, gofood juga memberlakukan aturan bagi hasil. Pembagiannya adalah 20% untuk gofood, dan sisanya 80% untuk pemilih usaha.

Dengan adanya pembagian hasil ini, kamu bisa juga menaikkan harga tiap menu di tokomu hingga 20%. Sehingga kamu tetap bisa mendapatkan keuntungan 100%.

Inilah sebabnya mengapa pada beberapa menu gofood, harganya tidak semurah menu makanan yang dibeli secara langsung pada warung atau kedai tersebut.

5. Fleksibilitas Jam Buka

Jika pada umumnya toko yang dibuka di mall punya aturan jam buka, maka berbeda halnya dengan penjualan di gofood. Pada aplikasi gofood, kamu bisa membuka toko mu jam berapapun kamu mau. Asalkan stok kamu masih ada, gofood bisa digunakan selama 24 jam.

6. Pendaftaran Usaha Lebih Mudah

Ada kalanya proses pendaftaran suatu usaha harus diribetkan dengan segala tahapannya. Gofood sebagai akun berjualan, tidak ingin memberikan kesulitan pada setiap mitranya.

Cara daftar gofood terbilang cukup mudah. Kamu bisa mendaftarkan usahamu kapan saja dan dimana saja. Tidak hanya itu, jenis makanan di kedaimu pun bisa kamu daftarkan semuanya.

Mulai dari jenis makanan intinya, camilan, lauk saja, hingga minuman. Semuanya bisa masuk ke dalam daftar menu, tanpa harus menspesifikkan penjualan jenis makanan tersebut.

7. Keuntungan Lebih Besar

Selain cara daftar gofood yang mudah, gofood punya sistem bagi hasil yang membuat keuntunganmu semakin besar. Keuntungan ini akan jauh lebih banyak dibandingkan penjualan secara offline.

Kamu bisa memperoleh keuntungan ini dari kenaikan harga yang kamu terapkan. Meskipun begitu, masih saja banyak orang yang berminat menggunakan aplikasi gofood untuk memesan makanan. Hal ini karena sistemnya yang mudah dan banyak promo dari gofood.

Beragam tata cara daftar gofood yang sudah dijabarkan di atas, bisa kamu jadikan sebagai referensi atau acuan saat kamu memutuskan untuk membuka usaha dengan media gofood. Dengan cara daftar gofood yang sangat mudah ini, kamu bisa menjalankan bisnis kuliner dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *