Kesehatan

Cara Menghilangkan Jerawat Dan Bekasnya Secara Efektif

Terdapat beberapa cara menghilangkan jerawat yang bisa kamu terapkan untuk membuat kulit terlihat lebih sehat dan berseri. Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang menyebalkan karena seringkali meninggalkan bekas.

Biasanya bekas jerawat yang ditinggalkan bisa berbentuk bopeng maupun noda hitam. Hal tersebut tentu akan mempengaruhi penampilan kamu. Untuk itu kamu perlu melakukan berbagai upaya untuk menghilangkannya.

Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

Bopeng merupakan noda berbentuk cekungan yang terlihat seperti lubang pada kulit. Bopeng muncul akibat lapisan kulit di dalamnya mengalami kerusakan karena adanya jerawat.

Kondisi ini tentu akan sangat mengganggu dan membuat rasa percaya diri seseorang menjadi turun drastis. Namun jangan langsung panik, karena terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat. Berikut informasinya.

1. Pijat wajah

Terapi pijat wajah memang tidak secara langsung menghilangkan bopeng di kulit, namun perawatan ini mampu mengurangi peradangan dan meningkatkan kulit.

Hal ini membuat peredaran darah di wajah menjadi lancar dan juga menghilangkan racun-racun yang dapat mengganggu kesehatan kulit. Jika dilakukan secara rutin, maka terapi ini sedikit demi sedikit mampu mengurangi bopeng bekas jerawat.

2. Dermabrasi

Dermabrasi merupakan jenis perawatan yang menghilangkan epidermis dan lapisan kulit tengah yang disebut dengan dermis. Perawatan ini biasanya dilakukan di klinik kecantikan dan harus diawasi oleh dokter ahli karena memerlukan anestesi umum.

Dokter akan menggunakan mesin pengamplasan khusus sehingga mampu mengikis lapisan kulit yang rusak agar bisa berganti dengan yang baru. Perawatan ini mampu membuat kulit semakin halus dan terlihat lebih kencang.

3. Terapi laser non-ablatif

Terapi ini tidak menghilangkan lapisan yang mengalami bopeng, namun merangsang kulit agar menghasilkan kolagen yang lebih banyak. Hal inilah yang membuat efek terapi ini bisa terlihat secara bertahap.

Umumnya terapi ini tidak terlalu berbahaya dan tidak mengakibatkan iritasi sehingga kamu bisa tetap beraktivitas normal setelah melakukannya.

Namun efek yang diberikan juga tidak permanen, untuk itu kamu harus melakukan terapi ini secara rutin agar bisa menghilangkan bopeng secara maksimal.

4. Menggunakan krim khusus

Bopeng di kulit wajah bisa juga dihilangkan dengan menggunakan krim khusus atau obat yang dijual secara bebas di pasaran. Jenis terapi ini berfokus pada proses melembabkan kulit dan meminimalkan penampilan yang kasar secara keseluruhan.

READ  Beberapa Jenis Obat Asam Urat Yang Wajib Diketahui

Perawatan ini juga mampu mengurangi rasa gatal atau kondisi tidak nyaman yang timbul akibat iritasi yang terjadi. Perawatan ini bisa kamu lakukan tanpa harus mendapatkan resep dari dokter.

Untuk hasil yang lebih maksimal kamu harus lebih bersabar karena terapi ini harus dilakukan secara terus menerus. Beberapa krim mungkin bisa mengakibatkan iritasi, untuk itu kamu harus lebih cermat dalam memilih krim yang sesuai dengan kondisi kulit.

5. Microneedling

Microneedling dikenal juga sebagai terapi induksi kolagen yang menggunakan jarum pada prosesnya. Jarum akan dimasukkan ke kulit wajah kemudian akan diinduksi untuk bisa menghasilkan kolagen yang lebih banyak.

Jenis terapi ini biasanya hanya dilakukan sesuai dengan anjuran dokter saja. Setelah luka bopeng telah membaik, kulit akan secara alami kembali menghasilkan kolagen yang cukup sehingga kulit terlihat lebih cerah dan lembut.

Perawatan ini biasanya akan memberikan efek samping seperti bengkak dan memar. Untuk itu setelah melakukan terapi ini dianjurkan kamu untuk beristirahat di rumah agar kulit bisa kembali fresh dengan cepat.

6. Chemical peeling

Cara menghilangkan jerawat dan bopeng yang selanjutnya adalah melakukan peeling. Perawatan ini sering dilakukan untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit, bukan hanya jerawat.

Terapi ini secara efektif mampu menghilangkan bekas luka, mengurangi timbulnya kerutan, menghilangkan komedo dan lain sebagainya. Peeling bisa kamu lakukan sendiri di rumah atau datang ke klinik kecantikan.

Proses peeling akan menghilangkan lapisan atas kulit agar sel-sel baru dapat melakukan regenerasi dengan lebih cepat. Ketika kulit mulai berganti dengan yang baru, maka kulit lama akan mengalami pengelupasan.

Terapi ini tidak sekaligus langsung menghilangkan bopeng begitu saja, namun mengikis bagian permukaan kulit sedikit demi sedikit sehingga kamu harus melakukannya secara rutin untuk hasil yang maksimal.

7. Terapi laser ablative

Bisa dibilang terapi laser ablative ini merupakan cara terbaik yang paling efektif untuk menghilangkan bopeng di wajah. Terapi ini harus dilakukan oleh dokter ahli kecantikan yang mengetahui dengan pasti bagaimana kondisi kulit kamu.

Perawatan ini akan menghilangkan lapisan tipis kulit yang mengalami masalah. Proses pemulihan setelah terapi ini memakan waktu sekitar 1-2 minggu.

Hasil yang diberikan dari jenis terapi ini bisa bersifat permanen dan mampu bertahan untuk kurun waktu yang lama tanpa memerlukan perawatan tambahan.

Terapi ini akan memberikan efek samping seperti kemerahan, perubahan pigmentasi hingga pembengkakan. Namun kamu tidak perlu khawatir, setelah masa perawatan kulit kamu akan kembali seperti semula dengan kondisi yang jauh lebih baik.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bahan Alami

Cara menghilangkan jerawat yang paling mudah dan aman adalah dengan menggunakan bahan alami. Hal tersebut dilakukan karena bahan alami umumnya tidak menyebabkan efek samping pada kulit. Selain itu bahan alami lebih mudah didapatkan dan hemat biaya.

READ  Desinfektan : Fungsi, Bahaya, Manfaat, Bahaya Dan Cara Membuatnya

Meskipun tidak memberikan efek secara langsung, namun bahan alami mampu membantu kamu untuk merawat kulit wajah dan efektif untuk menghilangkan jerawat. Menjalani hidup sehat juga dapat membantu kamu untuk menjaga kesehatan kulit.

Dengan bahan alami ini kamu bisa masker maupun ramuan alami untuk menjaga kondisi kulit agar tetap terjaga. Apa saja bahan alami yang bisa kamu andalkan untuk mengatasi jerawat, berikut informasinya.

– Cuka apel

Cuka apel merupakan bahan alami yang mengandung berbagai jenis asam organik sehingga mampu dimanfaatkan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.

Asam organik mampu mengurangi minyak berlebih di wajah sehingga sangat efektif untuk mencegah dan mengobati jerawat. Cara membuat ramuan cuka apel sangatlah mudah, campurkan 1 sdm cuka apel dengan 2 sdm air.

Bersihkan wajah kamu terlebih dahulu kemudian oleskan cuka apel ke kulit menggunakan kapas. Biarkan mengering sekitar 20 detik. Kemudian bilas wajah dengan air dan keringkan. Lakukan perawatan tersebut 1-2x sehari untuk hasil yang maksimal.

– Putih telur

Putih telur memiliki kandungan protein dan vitamin yang bisa berfungsi untuk mengencangkan kulit dan mengeluarkan minyak berlebih secara optimal.

Bahan alami ini bisa mencegah terjadinya penyumbatan pada bagian pori-pori dan bisa membantu untuk meredakan peradangan kulit yang disebabkan oleh jerawat. Pisahkan kuning dan putih telur, kemudian gunakan bagian putihnya untuk menjadi masker.

Oleskan ke seluruh bagian wajah kemudian diamkan selama 15 menit. Lama kelamaan kulit kamu akan terasa tertarik dan kencang.

– Kayu manis

Kayu manis memiliki kandungan antibakteri dan antioksidan yang tinggi sehingga bisa membantu meredakan jerawat meradang secara maksimal.

Cara menggunakannya sangatlah mudah, kamu hanya perlu merendam kayu manis di dalam air selama kurang lebih 20 menit. Kemudian gunakan air rendaman tersebut untuk mencuci muka. Lakukan secara rutin untuk hasil terbaik.

– Lidah buaya

Lidah buaya memang sudah cukup terkenal dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Gel lidah buaya secara efektif dapat meredakan peradangan kulit yang disebabkan oleh alergi maupun jerawat.

Hal tersebut terjadi karena lidah buaya mengandung asam salisilat dan sulfur yang dibutuhkan kulit. Untuk mengatasi jerawat kamu bisa kerok gel lidah buaya menggunakan sendok, kemudian oleskan di wajah secara merata seperti menggunakan pelembab.

Biarkan meresap dan tidak perlu dibilas. Gunakan gel lidah buaya 1-2x sehari hingga jerawat mereda.

– Teh hijau

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan polifenol yang dinamakan dengan katekin. Zat ini berfungsi untuk menghilangkan kotoran dan zat lain yang mampu menyebabkan kerusakan sel.

READ  Senam Lantai : Pengertian, Macam-Macam, Sejarah Dan Manfaatnya

Mengkonsumsi teh hijau atau menggunakannya sebagai produk kecantikan bisa membantu kamu untuk menghilangkan jerawat. Jika dilakukan secara rutin, kamu bisa meredakan peradangan yang terjadi karena jerawat.

– Perasan jeruk lemon

Air jeruk lemon mengandung asam sitrat yang sangat bagus untuk menghilangkan jerawat. Cara penggunaannya sangatlah mudah, peras jeruk lemon dan ambil bagian airnya saja. Celupkan kapas ke air lemon hingga basah kemudian usapkan ke bagian kulit yang berjerawat.

Diamkan kapan di wajah hingga semalaman. Jika terlalu perih sebaiknya dikompress sebentar saja untuk menghindari resiko iritasi. Kompres wajah kamu sebanyak 1-2x sehari untuk hasil yang maksimal.

– Bawang putih

Bawang putih bukan hanya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur saja, namun juga bisa bermanfaat untuk mengatasi infeksi dan meningkatkan daya tahan tubuh untuk dapat melawan bakteri yang masuk ke tubuh termasuk bakteri yang mampu menyebabkan timbulnya jerawat.

Kamu bisa menambahkan bawang putih ke berbagai jenis makanan untuk menambahkan asupan harian. Perawatan dari dalam tubuh mampu memberikan efek yang lebih permanen.

– Madu

Selain enak untuk dikonsumsi, madu juga bisa kamu manfaatkan untuk kebutuhan perawatan kulit. Madu mengandung antioksidan yang tinggi sehingga mampu membersihkan kotoran di kulit dan mencegah penyumbatan pada pori-pori secara lebih optimal.

Selain itu, madu juga mengandung antibakteri yang mampu menyembuhkan luka dengan cepat. Kamu hanya perlu mengoleskan madu dengan menggunakan kapas ke bagian kulit yang berjerawat.

Secara bertahap madu akan mengatasi iritasi secara maksimal dan mengurangi kemerahan di wajah akibat jerawat.

– Kulit jeruk

Kulit jeruk diketahui mampu secara efektif untuk memperbaiki penampilan kulit kamu secara maksimal. Hal tersebut terjadi karena kulit jeruk mengandung antioksidan dan vitamin C sehingga sangat membantu untuk proses regenerasi sel kulit.

Kamu hanya perlu memarut kulit jeruk kemudian haluskan dengan menggunakan air sampai berbentuk seperti pasta. Kemudian oleskan ke bagian kulit wajah seperti masker dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah selesai bilas dengan air hangat.

– Es batu

Meskipun tidak bisa langsung menyembuhkan jerawat, namun es batu bisa membantu kamu untuk meredakan peradangan yang terjadi akibat jerawat. Kompres bagian kulit yang mengalami iritasi dengan menggunakan es batu.

Untuk menjaga kebersihan es batu, gunakan kain tipis untuk membungkusnya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi rasa dingin ketika es batu dioleskan ke wajah.

Banyak sekali cara menghilangkan jerawat dan bopeng yang bisa kamu lakukan. Beberapa perawatan bisa dilakukan dengan mudah dengan biaya yang murah, namun ada juga yang membutuhkan biaya yang cukup mahal. Kamu bisa memilih perawatan yang sesuai dengan permasalah kulit yang dialami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *